PENGGUNAAN SMARTPHONE DI MASA PANDEMI COVID-19 MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA KRISTEN DI KELAS V SD NEGERI NO 023897 BINJAI TIMUR T.A 2020/2021

  • Johana SD NEGERI NO 023897
Keywords: Pandemi Covid-19, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan smartphone dalam pengelolaan waktu belajar siswa/i Kelas V SD Negeri No 023897 Binjai Timur. Untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan smartphone dan lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa Kelas V SD Negeri No 023897 Binjai Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, studi dokumentasi. Selama penelitian berlangsung SD Negeri No 023897 Binjai Timur ini dapat diperoleh nilai rata-rata dari hasil observasi pada siklus I 9.5 dengan kategori cukup minat. Dari hasil siklus II 12.5 dengan kategori minat. dan pada siklus yang ke III dengan nilai rata-rata 17,2 dengan kategori sangat minat. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Smartphone Di Masa Pandemi Covid-19 dapat meningkatkan minat belajar siswa di dalam di dalam mengikuti pembelajaran PAK.

References

Alkitab
Alkitab terjemahan LAI, 2002

Buku
A, Fahrudin, D.T, Wardhani. Pengaruh Video Game Terhadap Anak dan Peranan Pekerja Sosial,” Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial. Jakarta: PEKSOS, 2009
Aminah, Ekawati. Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar agama Kristen Kelas VII Di Smpn 13 Banjarmasin: Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2014
Balitbang, Dinamika Perkembangan Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Serta Implikasi di Masyarakat, Jakarta: Media Bangsa, 2013
Boehlke, R, Robert. Sejarah Perkembangan Pemikiran dan Praktek PAK Dari Plato Sampai Ig. Loyola, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007
C, Rohma, Oktia. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Muhammadiyah 2 Yogyakarta, 2017
Groome, Thomas. Christian Religius Education, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011
Hamdni, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011
Irawan, Jaka. Dkk. Pengaruh Kegunaan Penggunaan gadget terhadap Kemampuan Bersosialisai pada Remaja”, Fakultas Psikologi Universitas Riau, Vol. 08, No. 02, 2013
Kristianto, Lilik, Paulus. Prinsip dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, Yokyakarta: Andi, 2006
Margon, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007
Nawari, Hadari. Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Gajah Mada, 2003
Riyadl, Tharieq, Darut. Manfaat dan bahaya Handphone, Jakarta: Pustaka Anisah, 2003
Rohmah, Oktavia, Chusna. “Pengaruh Penggunaan Penggunaan gadget dan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Rozalia, Ferdina, Maya. “Hubungan Intensitas Pemanfaatan Penggunaan gadget dengan Prestasi Belajar Siswa”, Artikel fakultas Ilmu Pendidikan, UM, 2016
Simanjuntak, Julianto. Mengenali Monster Pribadi -- Seni Pemulihan Diri Sendiri dari Trauma, Emosi Negatif, dan Kebiasaan Buruk, Jakarta: Yayasan PELIKAN Indonesia, 2013
Singarimbun, Masri. Metode Penelitian Survey, (Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia, 1995
Sitanggang, Sariaman. Bagaiman Menyusun KTSP dan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: Egkrateia Putra Jaya, 2008
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Sudaryono, Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: GrahaIlmu, 2012
Sugiman & Widiawati. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. 2014
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2010
Tanzeh Ahmad. Metodologi Penelitian Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011
Wahab, Rohmalia. Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2016

Kamus
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum
Pius Abdillah & Danu Prasetya. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Arloka



Internet
Https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/dampak-positif-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan
Merriam-Webster, Appl copyriht 2010-1016 Stanfy Corp, Version 2.0
Unoviana Kartika, 10 Alasan Anak Perlu Lepas dari Gadget. Diakses dari health. kompas.com/read/2014/05/12/1640161/10. Alasan. Anak. Perlu .Lepas. dari. Gadget pada tanggal 30 Maret 2021 pukul 12.30 WIB
Published
2023-04-11